PEMBELAJARAN SENI LUKIS MENGGUNAKAN FINGER PAINTING

Menggambar dan mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. lewat menggambar, mereka bisa menuangkan beragam imajinasi yang ada di kepala mereka. Gambar – Gambar Anak yang mereka hasilkan menunjukkan tingkat kreativitas masing-masing serta tingakat emosional anak juga biasa kita lihat dari cara dan hasil gambar mereka, biasanya apa yang ada dalam bayangan mereka menjadi titik fokus dalam menggerakkan jari dan tangan-tangan mungil mereka tanpa merasa ada kesalahan obyektif dalam bayangan pikirian mereka.

Upaya orang tua dalam hal ini sangatlah membantu perkembangan bakat dan kreatifitas anak dengan memberikan fasilitas dan support mental terhadap mereka, berawal dari sekedar corat-coret anak-anak di dinding berlanjut dengan mengarahkan mereka untuk menggambar di media yang telah disediakan serta mendampingi juga memberikan penilaian pada hasil karya mereka akan sangat berpengaruh dalam perkembangan emosioanl dan kreatifitas anak. Penanaman kreatifitas dalam alam bawah sadar anak-anak diyakini mampu mengembangkan imagenasi dan cara berfikir logis yang dapat membantu menigkatkan kecerdasan akademik anak-anak.


BELAJAR MELUKIS DI SEKOLAH

Pada sekolah tingkat Taman kanak-kanak belajar sambil bermain atau menggambar merupakan pembelajaran yang efektif dilakukan di sekolah Taman kanak-kanak, sedangkan pembelajaran menggmabar untuk anak sekolah tingkat SD akhir-akhir ini sangat kurang dalam durasi waktu pada kurikulum mata pelajaran sekolah SD, mata pelajaran Seni Budaya dan Ketrerampilan (SBK) masih belum cukup untuk mengeksplorasikan imagenasi dan kreatifitas anak karena mata pelajaran SBK merupakan gabungan dari keseluruhan Ilmu Kesenian, tidak bisa dipungkiri kegiatan menggambar sangat digemari oleh anak-anak usia 4-12 tahun apalagi kurikulum tingkat Sekolah Dasar akhir-akhir ini cukup menguras energi mereka, hal tersebut kegiatan menggambar bisa kita gunakan untuk penyeimbang atau merefhres ulang atau hiburan bagi anak-anak yang mungkin telah penat dari berbagai macam mata pelajaran yang mereka terima dalam kegiatan belajar mereka setiap hari.

Perlu adanya teknik khusus untuk membantu anak-anak SD agar mampu menggambar maupun melukis dengan cara cepat, praktis dan hasilnya juga indah. Jika kita mendalami secara khusus teknik menggambar atau melukis ada berbagai macam cara, namun sebagai tenaga pendidik Sekolah Dasar kita harus memikirkan cara tersendiri dimana teknik tersebut dapat membantu mereka dalam menuangkan imagenasi dan kreatifitas melalui kegiatan serta pembelajaran seni melukis. Melukis dan menggambar biasa menggunakan alat-alat lukis yang sudah ada seperti cat air, pensil warna, spidol, pastel atau krayon minyak, baru-baru ini sudah ada alat lukis yang baru dan alat tersebut sangat tepat digunakan melukis untuk anak-anak sekolah tingkat TK dan SD. Alat lukis ini biasa disebut krayon kering atau pastel kering yang bahan bakunya dari cat air yang sudah di desain khusus dan penggunaannya pun dapat mempermudah anak-anak dalam menggambar dan penggunaannya juga sangat hemat.

PEMBELAJARAN SENI LUKIS MENGGUNAKAN TEKNIK FINGER PAINTING

Teknik melukis Finger Painting sudah sering kita dengar teknik ini menggambar menggunakan jari dan tangan yang sering dipergunakan oleh seniman untuk melukis jenis lukisan abstrak, Finger Painting adalah teknik melukis menggunakan jari dan tangan dengan cat air tanpa menggunakan kuas. Di sekolah TK teknik ini diterapkan dengan menggunakan alat berbagai macam pewarna untuk menggambar namun kita harus jeli dengan anak-anak kita supaya menggunakan pewarna tersebut dengan benar agar tidak beresiko.

Teknik Finger Painting yang dikembangkan oleh “Sanggar Pusara” berbeda dengan cara menggambar yang biasa digunakan, teknik ini menggunakan krayon kering dimana bahan krayon tersebut dibuat dari cat air yang sudah di keringkan mudah digunakan dan hemat karena krayon ini sangat sederhana dan cara penggunaannya cukup digoreskan di media gambar kemudian di arsir menggunakan jari dan tangan untuk meratakan warna, yang sangat menarik cara ini bisa digunakan mewarnai sekaligus melukis.

Untuk mengarahkan imagenasi anak-anak agar lebih sesuai dengan obyek gambar krayon kering ini juga dilengkapi dengan pola gambar yang sudah berbentuk obyek gambar. Cara ini memudahkan anak-anak menggambar dengan harapan mereka mampu menuangkan imagenasi mereka tentang obyek-obyek gambar disekitar mereka . Alat lukis juga bisa dihapus jika terjadi kesalahan dalam menggambar serta finishing dalam menggambar dimana kertas gambar yang sudah ada lukisannya bisa dicelupkan ke air dan warnanya tidak akan luntur tekena air.

Haarapan kita dengan menggunakan teknik ini anak-anak didik kita akan lebih kreatif dalam mengeksplorasikan imagenasi yang ada dipikaran mereka dengan kegiatan melukis yang bisa beranfaat untuk masa depan mereka sebagai genersi bangsa yang unggul dan kreatif.

About these ads

2 Komentar (+add yours?)

  1. Thomas
    Mei 26, 2010 @ 14:07:47

    nice posting nih….sorry baru sempat berkunjung balik….sibuk sekali.

    salam

    http://thomasandrianto.wordpress.com/2010/05/26/jika-lukisan-digoreng-maka-harganya-akan-mahal/

    Balas

  2. Pelangi
    Okt 05, 2010 @ 06:41:01

    salam kenal juga mas

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: